

Di era globalisasi yang terjadi pada saat ini masyarakat dituntut untuk menguasai teknologi agar tetap dapat mengikuti perkembangan jaman. Pemanfaatan teknologi yang semakin pesat tidak hanya di gunakan sebagai sarana bertukar informasi tetapi juga mulai digunakan untuk kepentingan bisnis. Melalui pemasaran online, pelaku usaha lebih mudah memasarkan produknya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UNAIR di Desa Sekarpuro Kec. Pakis Kab. Malang, salah satu permasalahan yang sedang terjadi pada saat ini khususnya bagi UMKM yang ada di Desa Sekarpuro adalah belum mengetahui strategi-strategi dalam hal pemasaran produk secara online.
Hal tersebut yang mendasari Mahasiswa KKN Universitas Air Langga Surabaya 2022 mengadakan sosialisasi pemasaran online bagi UMKM di Desa Sekarpuro Kec. Pakis Kab. Malang yang diselenggarakan pada hari Minggu 23 Januari 2022 dengan dihadiri kurang lebih 30 pelaku UMKM Desa Sekarpuro.


Sosialisasi pemasaran online ini adalah salah satu program kerja Mahasiswa KKN UNAIR 2022 di desa Sekarpuro yang bertujuan untuk membantu UMKM di Desa Sekarpuro dalam memasarkan produknya lebih luas dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone.
Kegiatan sosialisasi pemasaran online ini menghandirkan motivator yang berasal dari Surabaya sekaligus alumni UNAIR yang memiliki bisnis yang cukup besar dengan dihadiri oleh masyarakat Desa Sekarpuro yang memiliki UMKM serta perangkat desa yang tempat pelaksanaannya bertempat di Balai Desa Sekarpuro.


Sosialisasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam hal memahami penggunaan aplikasi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk yang telah dihasilkan.
Dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasisawa KKN UNAIR ini membahas antara lain pembuatan akun media pemasaran online melalui facebook, instagram dan tokopedia serta strategi-strategi yang dapat digunakan dalam pemasaran produk secara online.